Harimau Sumatra yang Terkecil



بِسْمِ الّلَّهِ الرَّحمَنِ الرَّحِيمِ
Harimau dapat dikenali dari kulitnya yang bermotif loreng-loreng. Hewan bernama latin Panthera tigris ini memiliki beberapa jenis atau subspesies. Tiga di antaranya pernah berada di Indonesia. Salah satunya adalah harimau paling kecil di dunia.
Dari 3 jenis harimau yang pernah hidup di Indonesia, hanya harimau sumatra yang masih ada saat ini. Jumlahnya sekitar 400-an ekor. Ssst… Tahukah kamu kalau harimau sumatra adalah harimau yang ukurannya paling kecil di antara harimau lainnya? Kok, bisa begitu, ya?
Menurut teori Bergman, seorang biolog asal Jerman, organisme yang hidup di tempat beriklim panas ukurannya cenderung lebih kecil dibandingkan dengan yang tinggal di daerah dingin. Harimau sumatra berat badannya hanya sepertiga dari harimau siberia, yang tinggal di daerah bersalju di Siberia. Harimau siberia bisa mencapai berat badan 180 kg, sementara harimau sumatra berat badannya hanya 90 kg.
Selain itu, hewan-hewan yang dimangsa oleh harimau sumatra ukurannya lebih kecil. Harimau di India memangsa sapi. Harimau di Pulau Jawa memangsa banteng. Harimau di Pulau Sumatra hanya memangsa rusa, kijang, atau babi hutan. Nah, itulah sebabnya harimau sumatra menjadi harimau paling kecil di dunia


Komentar

Postingan Populer