Sarang super besar burung Socieable weaver

 بِسْمِ الّلَّهِ الرَّحمَنِ الرَّحِيمِ



Di gurun Afrika, ada sarang burung yang super besar. Siapa sangka sarang itu dibuat oleh burung kecil mungil sebesar burung pipit. Namanya burung sociable weaver  atau Philetairus socius .
Dalam bahasa Inggris, sociable  artinya ramah, weaver  artinya pemintal. Jadi burung ini adalah pemintal yang ramah. Ya, kalau mereka tidak ramah, mereka akan sulit bekerjasama memintal rumput-rumput kering menjadi sarang yang super besar.
Coba kamu amati sarangnya. Benar-benar super besar, kan? Di dalam sarang yang super besar ini terdapat lorong-lorong dan ruang-rungan yang bisa ditinggali ratusan  pasang burung. Bahkan, mereka beranak pinak di situ sampai beberapa generasi.
Sarang super besar ini ibarat rumah besar. Mereka tinggal, bermain, dan beranak pinak. Ruangan-ruangan pada bagian tengah digunakan untuk mengerami telur. Sedangkan ruangan-ruang di bagian luar digunakan untuk menahan panas dari luar sehingga ruangan untuk mengerami telur selalau dalam suhu yang stabil.
Untuk menahan ular masuk ke dalam sarang, burung ini meletakkan ranting-ranting tajam pada mulut lubang masuk ke dalam ruangan-ruangan. Tetapi ranjau yang dibuat tidak selamanya sukses mengusir sang predator. Ada saja ular yang berhasil menerobos ke dalam sarang dan melahap telur-telur yang ada.


Komentar

Postingan Populer